Minggu, 05 November 2017

Keterampilan dan Kecerdasan Sosial AUD




“PEMBELAJARAN IPS AUD

“KETERAMPILAN DAN KEERDASAN SOSIAL AUD”




Dosen Pengampu : Dodi harianto, M.Pd.I

























·         Risalatul jannah tra 151770

·         Heriyanto tra 1517561

·         Zakariya ansori 1517










PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNVERSITAS ISLAM NEGERI STS JAMBI
TAHUN AJARAN 2017/2018







i


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah Subhanau Wata’ala, yang selalu memberikan hidayah dan inayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar, dengan judul “MEMAHAMI PROSES PEMBENTUKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI”. Untuk memenuhi tugas mata kuliyah “PEMBELAJARAN IPS AUD”

Penulis menyadari bahwa dalam makalah ini masih jauh dari sempurna. Dengan segala keterbatasan yang ada ini, penulis, sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dan inovatif dari berbagai pihak demi perbaikan dimasa yang akan datang. Atas segala saran dan bantuan dari berbagai pihak, penulis ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT memberikan balasan yang setimpal sehingga kita selalu berada dalam keadaan yang diridhoi-Nya, Amin.

Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan bagi siapa saja yang merasa dapat manfaatnya, khususnya para pendidik anak usia dini.






Jambi, 17    oktober 2017






Pemakalah






















ii



DAFTAR ISI


Kata Pengantar …………………………………………………………….   i

Daftar Isi …………………………………………………………………..   ii
BAB I PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah …………………………………………..
1
2. Rumusan Masalah …………………………………………………
1
3. Tujuan ………………………………………………….
1
BAB II PEMBAHASAN

1.
Proses Pembentukan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
3
2.
Macam Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
4
3.
Konsep Pembentukan Karakter Sosial Usia Dini
5
4.
Prosedur Pembentukan Keterapilan Sosial Anak Usia Dini
6
5.
Tahapan Pembentukan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
7
BAB III PENUTUP

1.
Kesimpulan ………………………………………………………
8
2.
Saran …………………………………………………………….
8

DAFTAR PUSTAKA ………………………. ……………………….


























iii


BAB I

PENDAHULUAN


A.        Latar Belakang Masalah

Undang-undang Sisdiknas No. 20/2003 menyatakan bahwa Pendidikan AUD merupakan proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga 6 tahun secara menyeluruh pada aspek fisik-intelektual (kognitif dan bahasa), emosi serta sosial moral, agar dapat berkembang secara optimal. Kehidupan manusia tidak mungkin bersih dari perbedaan dengan orang lain, baik antar individu maupun antar kelompok sosial. Modal anak untuk mengatasi perbedaan individu ini adalah keterampilan sosial. Keterampilan sosial merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki sejak dini agar individu tersebut mampu menghadapi problema hidup dalam kaitannya sebagai makhluk sosial yang selalu terus-menerus berinteraksi.

Keterampilan sosial ini tidaklah terbentuk secara tiba-tiba, namun merupakan imitasi dan pembiasaan dari lingkungan terdekat anak. Keterampilan sosial perlu dibiasakan sejak dini karena anak akan membawa kebiasaannya tersebut hingga dewasa.


B.          Rumusan Masalah

Anak tumbuh dan berkembang bersama lingkungan yang ada. Segala yang dia

lihat,dia dengar dan dia rasakan, ingin ditiru dan diulang. Semua yang ada sangat mempengaruhi proses pembentukan keterampilan sosial anak tersebut. Untuk mengetahui hal-hal tersebut terdapat beberapa pertanyaan, diantaranya:

1.            Bagaimana proses pembentukan keterampilan sosial anak usia dini?

2.            Berapa macam keterampilan sosial anak usia dini?

3.            Bagaimana konsep pembentukan karakter sosial usia dini?

4.            Bagaimana prosedur pembentukan keterapilan sosial anak usia dini?

5.            Bagaimana tahapan pembentukan keterampilan sosial anak usia dini?







4


C.        Tujuan Penulisan

1.            Kita dapat mengetahui proses pembentukan keterampilan sosial anak usia dini

2.            Kita dapat mengetahui berapa macam keterampilan sosial anak usia dini

3.            Kita dapat mengetahui konsep pembentukan karakter sosial usia dini

4.            Kita dapat mengetahui prosedur pembentukan keterapilan sosial anak usia dini

5.            Kita dapat mengetahui tahapan pembentukan keterampilan sosial anak usia dini




















































5


BAB II

PEMBAHASAN


A.        Proses Pembentukan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini

Pendidikan moral pada usia dini harus dilakukan sejak anak dilahirkan, dan pada usia di bawah 2 tahun dapat dilakukan hanya dengan memberikan kasih sayang sebesar-besarnya kepada anak. Menurut Thomas Lickona, “Love lights the lamp of human development. If we wish to raise good children, we should begin by giving them our love” (Budiningsih, Asri C.: 2005). Ibaratnya sebuah bejana kosong, kalau diisi air “cinta dan kasih sayang” maka bejana tersebut hanya berisi air kesucian. Ketika anak dewasa, bejana (hati) ini hanya akan menebarkan kesucian dan kebajikan dalam perjalanan hidupnya. Apabila yang diterima adalah umpatan, dan contoh-contoh yang buruk, maka sifat-sifat seperti inilah yang akan disebarkan dalam perjalanan hidupnya. Oleh karena itu, orang tua (khususnya ibu) perlu sekali untuk mencium, memberikan kata-kata manis, dan mendendangkan cinta kepada bayi-bayi mereka.

Menurut Darsono Max (2001) “Seorang anak yang siap untuk masuk usia sekolah harus sudah dibekali dengan kesadaran emosi seperti rasa bersalah, rasa malu, perasaan disakiti, bangga, dan sebagainya”. Anak-anak pada usia pra-sekolah harus sudah dapat membedakan beberapa jenis emosi yang dirasakannya, sehingga mereka tidak menjadi bingung tentang nilai-nilai dari emosi yang dirasakan oleh mereka. Misalnya, seorang anak yang merasa iba kepada seorang anak yang dikucilkan, sedangkan seluruh kawan-kawannya mengejek anak tersebut. Anak tersebut akan mempunyai rasa ambivalen antara rasa empati dan rasa takut untuk dikatakan pengecut karena tidak mau terlibat untuk turut mengejek anak yang dikucilkan tersebut. Anak harus tahu bahwa merasa empati kepada anak yang dikucilkan adalah perasaan yang lebih baik yang harus diikuti.

Oleh karena itu, pendidikan karakter di sekolah, terutama pada usia TK dan SD, juga perlu dilakukan, tentunya disesuaikan dengan tahap perkembangan umur anak.




6


Hal ini berbeda dengan Pendidikan Moral Pancasila yang selaim ini dilakukan yang hanya menyentuh aspek akademik (hafalan dan pengetahuan saja), tetapi tidak melibatkan aspek emosi (feeling) dan perilaku (acting).


B.          Macam Keterampilan Sosial Anak Usia Dini

Beberapa hasil penelitian menunjukkan masih banyak anak TK (PAUD) yang

memilih cara agresif dalam penyelesaian konflik, hasil penelitian lain menunjukkan cara tersebut akan dibawa hingga dewasa. Pemahaman pendidik TK (PAUD) dalam kajian keterampilan sosial sangat minim dan beberapa bentuk program yang ada dilakukan dengan tidak sadar atau terprogram dengan jelas.

Pendidik PAUD atau Taman Kanak-kanak belum terbiasa untuk melakukan stimulasi keterampilan sosial yang terprogram dan berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian terdapat tiga alasan pendidik PAUd yang belum terbiasa melakukan stimulasi, yaitu;

1.      Pendidik sebagian besar sudah mengimplementasikan social skill dalam proses kegiatan belajar di PAUD atau TK, namun pada hasil kualitatif, terlihat bahwa sebagian besar pendidik belum memahami secara betul makna social life skill.

2.      Usaha penanaman social life skill belum terprogram dalam kegiatan yang direncanakan, melainkan hanya secara implisi disertakan pada kegiatan-kegiatan lain.

3.      Usaha pendidik dalam memahami macam keterapilan anak didik masih belum terencana atau diprogramkan. Bila sudah direncanakan atau diprograkan akan dapat dilaksanakan secara sadar sistematik, sehingga tujuan yang ingin dicapai secara eksplisit dapat dijadikan pedoman target yang jelas.

Sedangkan maca-macam keterapilan yang dimiliki oleh anak didik di PAUD adalah rasa empati, penuh pengertian, tenggang rasa, kepedulian pada sesame,





7


komunikasi dua arah/ hubungan antar pribadi, kerjasama, tata krama/kesopanan, kemandirian, dan rasa tanggung jawab sosial. Dari beberapa uraian di atas dapat dikemukakan bahwa ketrampilan sosial adalah keterampilan atau strategi yang digunakan untuk memulai ataupun mempertahankan suatu hubungan yang positif dalam interaksi sosial, yang diperoleh melalui proses belajar dan bertujuan untuk mendapatkan hadiah atau penguat dalam hubungan interpersonal yang dilakukan.


C.        Konsep Pembentukan Karakter Sosial Usia Dini

Pengembangan karakter anak banyak dipengaruhi oleh lingkungan terutama dari orangtua. Anak belajar untuk mengenal nilai-nilai dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai yang ada dilingkungannya tersebut. Dalam pengembangan karakter social anak, peranan orang tua dan guru sangatlah penting, terutama pada waktu anak usia dini.

Berbagai bentuk kejahatan dan tindakan tidak bermoral dikalangan anak menunjukan bahwa anak didik kita belum memiliki karakter social yang baik. Hal ini perlunya pengembangan karakter yang sesuai dengan anak, yang tidak sekedar pengetahuan, dan doktrinasi, tetapi lebih menjangkau dalam wilayah emosi anak.

Usaha atau upaya yang dapat dilakukan oleh guru dan orang tua dalam membangun karakter anak usia dini adalah:

1.            Memperlakukan anak sesuai dengan karakteristik anak.

2.            Memenuhi kebutuhan dasar anak antara lain kebutuhan kasih sayang, pemberian makanan yang bergizi.

3.             Pola pendidikan guru dengan orangtua yang dilaksanakan baik dirumah dan di sekolah saling berkaitan.

4.              Berikan dukungan dan penghargaan ketika anak menampilkan tingkah laku yang terpuji.

5.            Berikan fasilitas lingkungan yang sesuai dengan usia perkembangannya.

6.            Bersikap tegas, konsisten dan bertanggungjawab









8


D.        Prosedur Pembentukan Keterapilan Sosial Anak Usia Dini

Prosedur membentuk karakter anak dimulai sejak dini, paling tidak anak berusia dua tahun. Apabila masa usia 2 tahun pertama anak sudah mendapatkan cinta, maka sangat mudah anak tersebut dibentuk menjadi manusia yang berakhlak mulia. Menurut hasil penelitian, anak-anak usia 2 tahun sudah dapat diajarkan nilai-nilai moral, bahkan mereka sudah dapat mempunyai perasaan empati terhadap kesulitan atau penderitaan orang lain.

Misalnya, ketika ia melihat raut wajah ibunya yang sedih, ia dapat mengekspresikan empatinya. Dikatakan bahwa rasa empati adalah sifat alami yang sudah ada sejak anak dilahirkan yang merupakan sumber dari moralitas individu, seperti rasa iba dan rasa ingin berbuat baik, termasuk perasaan bersalah dan malu kalau melakukan hal-hal yang tidak baik. Sedangkan bagaimana empati dapat terus tumbuh subur adalah tergantung dari emotional bonding dengan ibunya pada usia-usia awal kehidupan seorang anak.


Mengenai prosedur pembentukan keterapilan sosial anak usia dini yaitu saat usia anak paling tidak berusia dua tahun. Kemudian anak yang berusia dua tahun tersebut harus dibekali dengan kesadaran emosi seperti rasa bersalah, rasa malu, perasaan disakiti, bangga, dan sebagainya. Menurut Hamalik, Oemar (2004), seorang anak yang siap untuk masuk usia sekolah harus sudah dibekali dengan kesadaran emosi seperti rasa bersalah, rasa malu, perasaan disakiti, bangga, dan sebagainya.

Anak-anak pada usia pra-sekolah harus sudah dapat membedakan beberapa jenis emosi yang dirasakannya, sehingga mereka tidak menjadi bingung tentang nilai-nilai dari emosi yang dirasakan oleh mereka. Misalnya, seorang anak yang merasa iba kepada seorang anak yang dikucilkan, sedangkan seluruh kawan-kawannya mengejek anak tersebut. Anak tersebut akan mempunyai rasa ambivalen antara rasa empati dan rasa takut untuk dikatakan pengecut karena tidak mau terlibat untuk turut mengejek anak yang dikucilkan tersebut. Anak harus tahu bahwa merasa empati kepada anak yang dikucilkan adalah perasaan yang lebih baik yang harus diikuti.




9


Oleh karena itu, pendidikan karakter di sekolah, terutama pada usia TK dan SD, juga perlu dilakukan, tentunya disesuaikan dengan tahap perkembangan umur anak. Hal ini berbeda dengan Pendidikan Moral Pancasila yang selaim ini dilakukan yang hanya menyentuh aspek akademik (hafalan dan pengetahuan saja), tetapi tidak melibatkan aspek emosi (feeling) dan perilaku (acting).


E.          Tahapan Pembentukan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini

Pembentukan keterampilan sosial anak usia dini ada tiga hal yang berlangsung

secara terintegrasi.

Kesatu, anak mengerti baik dan buruk, mengerti tindakan apa yang harus diambil, mampu memberikan prioritas hal-hal yang baik.

Kedua, anak mempunyai kecintaan terhadap kebajikan, dan membenci perbuatan buruk. Kecintaan ini merupakan obor atau semangat untuk berbuat kebajikan. Misalnya, anak tak mau mencuri, karena tahu mencuri itu buruk, ia tidak mau melakukannya karena mencintai kebajikan.

Ketiga, anak mampu melakukan kebajikan, dan terbiasa melakukannya. Lewat proses sembilan pilar karakter yang penting ditanamkan pada anak. Ia memulainya dari cinta Tuhan yang Maha Esa dan alam semesta beserta isinya; tanggung jawab, kedisiplinan, dan kemandirian; kejujuran; hormat dan santun; kasih sayang, kepedulian, dan kerja sama; percaya diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah; keadilan dan kepemimpinan; baik dan rendah hati; toleransi, cinta damai, dan persatuan.

Tujuan mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini adalah mendorong lahirnya anak-anak yang baik. Begitu tumbuh dalam karakter yang baik, anak-anak akan tumbuh dengan kapasitas dan komitmenya untuk melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukannya dengan benar, dan cenderung memiliki tujuan hidup. Membangun karakter yang efektif, ditemukan dalam lingkungan sekolah yang memungkinkan semua anak menunjukan potensi mereka untuk mencapai tujuan yang sangat penting. (Salim, Agus dkk: 2004).




10


BAB III

PENUTUP




A.    Kesimpulan

Dari   materi   yang   kami   bahas   mengenai   “PROSES   PEMBENTUKAN

KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA DINI” dapat disimpulkan bahwa pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan awal, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Dalam hal ini peran orang tua sangat penting, karena orang tua adalah pengenalan pertama tentang pendidikan.

Pada masa usia dini anak harus memenuhi aspek-aspek perkembangan seperti moral, bahasa, kognitif, emosi, social, dan agama. Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, karena cara pola asuh mereka tidak sama. Ali bin Abi Tholib as, mengatakan “didik dan ajarilah mereka (istri dan anak-anak) hal-hal kebaikan”. Risalah Hadist Nabi telah menjustifikasi akan pentingnya pendidikan anak usia dini. Dalam hadist diterangkan bahwa “ Setiap anak dilahirkan atas fitrah, sehingga lancar lidahnya, maka orang tuanya yang menjadikan dia beragama Yahudi, Nasrani, atau Majusi.


B.     Saran

Sebaiknya dalam membina dan mendidik anak harus memperhatikan tahapan-

tahapan seperti memilih istri yang sholehah, membiasakn anak untuk mengerjakan sholat, memberikan teladan yang baik, menjauhkan mereka dari teman-teman yang buruk, membentengi diri mereka dari hal-hal yang merusak akhlak mereka, mengajarkan nilai-nilai luhur dalam ajaran Islam, bersikap adil, mendo’akan kebaikan bagi mereka.








11


Dan dengan itu pula penulis mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kebaikan makalah yang berikutnya. Karena apa yang penulis buat ini sangat jauh dari kesempurnaan.


























































12


DAFTAR PUSTAKA


Budiningsih, Asri C. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta


Darsono, Max. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press


Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara


Salim, Agus dkk. 2004. Indonesia Belajarlah. Semarang: Gerbang Madani Indonesia.











































13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar